Program Kerja Bidang Pengembangan Ekonomi PKS 2016 – 2019

Tujuan utama pembentukan bidang ini adalah untuk melihat peluang membantu pengembangan ekonomi orang Silungkang baik yang di Jakarta dan sekitarnya maupun yang dikampung halaman.

Program kerja:

  1. Membantu meningkatkan daya saing para pedagang Silungkang dengan mensinergikan para pedagang dengan mata dagangan sejenis dengan melakukan langkah-langkah berikut:
  2. Mendata para pedagang asal Silungkang di Jakarta dan sekitarnya, baik yang di pasar-pasar atau yang diluar pasar.
  3. Mengelompokkan para pedagang tersebut sesuai dengan jenis dagangannya.
  4. Mengadakan diskusi-diskusi dengan pedagang yang bersangkutan untuk menyusun Action Plan.
  5. Untuk permodalan, diusahakan dengan bekerjasama dengan KSP Kemauan Bersama
  6. Membantu pengembangan ekonomi warga di Silungkang dengan memasarkan produk-produk asli Silungkang seperti kupuak joghiang, kupuak ubi balado, sagun bakar, kipang kacang, minyak batanak, kain songket, dll. melalui pembukaan toko khusus yang bentuk pengelolaannya akan segera dirumuskan.
  7. Mensosialisasi peraturan-peraturan pemerintah yang berhubungan dengan bidang ekonomi agar para pengusaha dan pedagang asal Silungkang mendapatkan informasi terkini tentang peraturan yang akan diberlakukan sehingga dapat mengantisipasi dampaknya.
  8. Mengadakan pelatihan pengisian SPT bagi warga Silungkang yang harus mengisi SPT. Diusahakan pembicaranya berasal dari KPP (Kantor Pajak Pratama?) atau konsultan pajak.
  9. Mengadakan acara bimbingan teknis mengenai Tax Amnesty Periode ke 2 dengan tujuan untuk memudahkan  warga Silungkang yang ingin  memanfaatkan Tax Amnesty.