Akademi Wirid Pidato Adat: Batomu Ninik Mamak

Pada hari Minggu tanggal 7 Januari 2018 yang baru lalu, Akademi Wirid Pidato Adat mengadakan acara simulasi “Batomu Niniak Mamak” antara andiko Paliang/Tanah Sirah dan Sungkiang/Batu Bagantuang bertempat di Gedung Pertemuan PKS Jakarta. Acara tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta Akademi Wirid Pidato Adat untuk menguji  kemampuan setelah mengikuti pelatihan selama 12 kali latihan sesuai dengan kurikulum yang sudah disusun. Selain simulasi Batomu Niniak Mamak, peserta juga mempertunjukkan kemampuan “Berpidato Jonjang” yang semuanya berjalan dengan lancar sehingga mengundang kekaguman dari beberapa orang undangan yang hadir.

Kegiatan Akademi Wirid Pidato Adat diadakan setiap hari Minggu malam setelah sholat isya bertempat di gedung PKS Jakarta dengan kurikulum yang terdiri dari latihan pidato dalam acara Batomu Niniak mamak, Pidato Jonjang, dan pidato adat dalam acara Balope. Selain itu juga diberikan pelatihan-pelatihan berpidato secara umum misalnya dalam acara pemakaman, dan perkawinan, termasuk pidato dalam acara lamaran untuk warga Silungkang yang berjodoh bukan dengan orang  Silungkang.

Tujuan pelaksanaan latihan ini selain untuk menjaga agar adat salingka nagori Silungkang tetap eksis, tidak lenyap ditelan zaman juga merupakan sarana untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara verbal dan kemampuan berbicara di depan umum.

Mengenai peserta yang ada sekarang rata-rata belum pernah mengikuti latihan pidato adat sebelumnya, dan bahkan ada yang kurang fasih berbahasa Silungkang. Namun berkat penerapan metode menghafal yang tepat dan pelaksanaan pelatihan yang fokus, serta dengan semangat tinggi, Alhamdulillah semuanya dapat dengan cepat menguasai materi pelatihan.

Bagi warga Silungkang yang berminat untuk mengikuti pelatihan pidato adat ini, dapat langsung bergabung pada setiap Minggu malam atau menghubungi sekretariat PKS Jakarta dengan Bpk. Khairul Hasan di: 0812 8109 8822  dan Bpk. Zuhar Varera di: 0811 7604 444.  Materi latihan akan dibagikan secara cuma-Cuma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: