Laporan Kegiatan PKS Jakarta untuk Medsos

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan ini Bidang HUMAS PKS Jakarta ingin memanfaatkan website PKS Jakarta dan group-group medsos Silungkang lainnya untuk melaporkan realisasi program-program kerja PKS Jakarta sampai dengan tanggal 31 Desember 2017, yaitu sbb:

  1. Untuk memperindah dan menambah kenyamanan bagi warga Silungkang dan para penyewa gedung, PKS Jakarta telah melakukan beberapa perbaikan dan menambah fasilitas, serta menambah tenaga untuk pengelolaan gedung. Dengan usaha-usaha yang telah dilakukan, Alhamdulillah frekwensi penyewaan gedung cukup meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sebagaimana berikut:
    • Agustus 2015 – Juli 2016 sebanyak 36 kali
    • Agustus 2016 – Juli 2017 sebanyak 43 kali
    • Agustus 2017 – Desember 2017 sebanyak 31 kali. Sementara penyewa yang sudah booking dan sudah melunasi DP untuk bulan Januari 2018 – Juli 2018 sebanyak 23 kali, sehingga total sebanyak 54 kali. Diharapkan jumlah penyewa gedung untuk periode ini dapat bertambah karena masih ada waktu beberapa bulan ke depan.
  2. Membangun “Rumah Singgah” untuk membantu warga Silungkang yang singgah di Jabodetabek dan tidak mempunyai tempat menginap selama berada di Jabodetabek. Rumah Singgah ini tidak dimaksudkan sebagai tempat menetap.
  3. Mengganti pompa air dengan pompa satelit yang menghasilkan tekanan yang lebih besar agar jangan terjadi defisit air sewaktu banyak warga atau penyewa gedung secara bersama-sama menggunakan air, misalnya untuk berwudhu.
  4. Merenovasi mushollah agar lebih nyaman bagi yang melaksanakan ibadah.
  5. Meningkatkan mutu kegiatan rutin yang bertujuan untuk mempererat tali silaturrahim antar sesama warga Silungkang dengan cara melaksanakan kegiatan-kegiatan rutin tahunan seperti acara Halal bi halal, Balai Okok, pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, Babuko Basamo-samo dengan format yang lebih teratur sehingga lebih memungkinkan bagi warga untuk saling berinteraksi dengan nyaman.
  6. Mewadahi komunikasi warga Silungkang dengan membuat Website resmi PKS Jakarta dan group-group sosmed yang lain.
  7. Melaksanakan pendataan warga Silungkang secara online dan manual untuk dapat mengetahui jumlah warga Silungkang, khususnya yang di Jabodetabek. Sampai. Sampai Desember 2017 sudah terdata sebanyak 535 kepala keluarga.
  8. Menambah wawasan dan pengetahuan bagi warga yang berminat, antara lain penyuluhan tentang Tax Amnesty, kemampuan berbicara di depan umum dengan menyelenggarakan training Public Speaking, menyelenggarakan secara rutin pelatihan pidato adat dan pidato umum setiap Minggu malam di Gedung Pertemuan Silungkang, melaksanakan seminar adat Salingka Nagori Silungkang.
  9. Meningkatkan hubungan Silaturrahim dengan warga di kampung halaman dengan beberapa kali mengundang pemangku adat dan kepala-kepala desa se-Kecamatan Silungkang.
  10. Meningkatkan hubungan komunikasi dengan PKS Surabaya dan Padang serta Pemerintah Kota Sawahlunto.
  11. Membantu penggalangan dana penyelesaian Balai Adat Silungkang yang saat ini sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh warga untuk melaksanakan acara perkawinan, dan yang terakhir dalam menerima tamu nagori yang merupakan tokoh nasional, yaitu Prof. Dr. Meutia Hatta pada tanggal 25 Desember yang baru lalu.
  12. Terakhir pada tanggal 31 Desember 2017 memfasilitasi acara silaturrahim yang bertepatan dengan pergantian tahun dengan acara yang sederhana dengan hidangan ikan bakar diiringi musik dari warga untuk warga. Sebelum penggantian tahun, salah seorang pengurus menyampaikan flashback kepengurusan PKS periode 2016 -2019 dan harapan di tahun mendatang. Tepat setelah penggantian tahun, acara ditutup dengan bertafakur.

Itulah beberapa program kerja yang sudah terlaksana dan keberhasilannya tentu tidak terlepas dari dukungan seluruh warga Silungkang.

Pengurus PKS Jakarta berharap saran-saran warga Silungkang agar ke depannya program-program kerja PKS Jakarta bisa lebih optimal.

Demikianlah, atas perhatian warga Silungkang kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: