Hasil Rapat Pengurus PKS Jakarta 30 Juli 2017

Pada hari Minggu tangal 30 Juli 2017, Pengurus PKS Jakarta mengadakan rapat pengurus yang dihadiri oleh 35 orang anggota pengurus yang mewakili setiap bidang. Agenda rapat adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja  dari masing-masing bidang selama satu tahun kepengurusan.

Realisasi dari program kerja tersebut nantinya akan dilaporkan secara tertulis dan lengkap dalam rapat  anggota PKS Jakarta yang direncanakan akan diadakan pada tanggal 17 September 2017.

Berikut adalah uraian tentang hasil evaluasi masing-masing bidang dan kegiatan – kegiatan dalam bentuk ke panitiaan, sebagai berikut:

Kegiatan dalam bentuk kepanitiaan

  1. Pelaksanaan sholat Idul Adha tahun 1437 H dan penyembelihan hewan qurban. Jumlah hewan qurban sebanyak 13 ekor sapi dan pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan tertib.
  2. Menyelenggaraan seminar adat salingka nagori Silungkang dibawah koordinasi Bidang Adat, Agama dan Budaya pada tanggal 12 Februari 2017. Pesertanya berjumlah 105 orang dari target semula sebanyak 90 orang yang mewakili 18 Andiko (5 orang setiap andiko). Acara juga dimeriahkan dengan pagelaran marak marapulai.
  3. Pelaksanaan Balai Okok pada tanggal 19 Maret 2017 dengan pengunjung yang cukup ramai.
  4. Pelaksanaan acara “Babuko Basamo” pada tanggal 18 Juni 2017 dihadiri oleh lebih kurang 400 orang warga. Untuk menghargai warga yang hadir, pelaksanaan acara babuko basamo diselenggarakan seperti acara balope dimana pabukoan dan konsumsi sudah ditata terlebih dahulu. Setiap warga yang dating dipersilahkan duduk ditempat yang disediakan. Dengan demikian tujuan babuko basamo dan sacaro basamo-samo dapat terlaksana dengan tertib, teratur dan nyaman.
  5. Pelaksanaan acara Halal bi Halal PKS Jakarta pada tanggal 23 Juli 2017 yang juga dihadiri oleh 5 orang kepala desa se Kecamatan Silungkang, yaitu Kades Silungkang Oso, Silungkang Duo, Silungkang Tigo, Muarokalaban dan Taratak Boncah, serta Camat Silungkang. Selain itu Halal bi Halal ini juga dihadiri oleh Pengurus KAN Silungkang, Wakil Walikota Sawahlunto, ketua dan wakil ketua DPRD Kota Sawahlunto serta 8 orang anggota DPRD dari Daerah Pemilihan Silungkang dan Lembah Segar, Perwakilan Ikatan Keluarga yang tergabung dalam Bakor Sawahlunto yaitu IK Kubang, IK Lumindai, IK Kolok, IK Talawi, IK Talago Gunuang, dan IK Sawahlunto Kota. Acara seremonialnya diawali dengan arak-arakan rabona dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan di dalam gedung utama. Setelah itu dilanjutkan dengan acara diskusi dengan tema “Pembangunan Desa-desa di Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto.
  6. Sedangkan acara pasar kuliner dan oleh-oleh disediakan 80 meja dengan adanya perubahan penataan tata letak meja sehingga tersedia cukup ruang bagi warga untuk bersilaturrahim dengan lebih leluasa.

Realisasi program kerja masing-masing bidang

  1. Sekretariat:
    1. Pengelolaan dan penyewaan gedung – selama kurun waktu dari Agustus 2016 sampai dengan akhir Juli 2017 jumlah penyewaan gedung sebanyak 40 kali sehingga memenuhi target yang ditetapkan dari yang sebelumnya 36 kali menjadi 40 kali.
    2. Ruang pertemuan di gedung pendidikan di lantai dua sudah mulai diaktifkan antara lain untuk patomuan niniak mamak sebanyak 5 kali dan disewakan sebanyak 3 kali kepada penyewa diluar warga Silungkang.
    3. Perbaikan-perbaikan dan penambahan fasilitas gedung PKS Jakarta dalam rangka meningkatkan nilai jual gedung untuk penyewaan. Sebagian besar pendanaannya dibantu oleh anggota pengurus bidang sosial dan warga lain yang diko-ordininasikan oleh Bidang Sosial. Perbaikan-perbaikan dan penambahan fasilitas tersebut adalah:
      1. Perbaikan kamar-kamar kecil
      2. Renovasi Mushollah.
      3. Pengecatan ulang gedung utama luar dalam
      4. Perbaikan dan panambahan kelengkapan ruang tamu yang terdiri dari penambahan sofa, pemasangan lampu Kristal, dan pengecatan ulang. Ruang tamu tersebut sekarang dijadikan ruang tamu VIP
      5. Pengadaan 10 unit meja bundaruntuk acara-acara seminar, rapat-rapat, arisan, dan lain-lain
      6. Penambahan assesories gedung yang terdiri dari pemasangan lampu Kristal dan pigura songket Silungkang. Penambahan kelengkapan gedung dengan penambahan speaker untuk penyempurnaan sound system, penambahan 2 unit AC, dan penggantian hordeng.
      7. Perbaikan ruang rias pria dan wanita.
  1. Bidang Data, Teknologi, dan Informasi:
    1. Pendataan Warga: Pada tahap awal, bidang ini telah melaksanakan pendataan warga secara online dan secara manual dengan mengisi formulir. Sampai saat ini telah terdaftar sebanyak 479 keluarga dengan jumlah jiwa sebanyak 1500 orang. Unsur penting yang termasuk dalam pendataan ini antara lain nama, tanggal lahir, kampung asal, alamat lengkap, no telpon/HP, golongan darah, dan kegiatan/profesi. Diharapkan sampai akhir periode kepengurusan sekarang, mayoritas warga Silungkang di Jabodetabek sudah terdata. Untuk selanjutnya, pengurus akan lebih banyak berkoordinasi dengan masing-masing Panungkek Pangulu Andiko.
    2. Pembuatan Website: Bidang ini juga sudah membuat website PKS Jakarta dengan dengan alamat: www.wargasilungkang.or.id. yang berisi berbagai informasi yang berkaitan denganSilungkang.
    3. Penyebaran Informasi yang berkaitan dengan peristiwa-peristiwa serta kegiatan warga Silungkang melalui Website dan sosial media.
  2. Bidang Pengembangan Ekonomi:
    1. Bekerjasama dengan Bidang Humas, melaksanakan pendataan pedagang Silungkang se Jabodetabek. Unsur penting pendataan pedagang ini mencakup nama pedagang, nama dan alamat toko, jenis dagangan, nomor telpon/HP. Pendataan tahap awal sudah terdata sebanyak 350 pedagang.
    2. Kedepannya, merencanakan untuk membantu pemasaran barang-barang dari Silungkang dan sekitarnya untuk dipasarkan di Jabodetabek.

Selain itu rapat pengurus PKS Jakarta juga membahas program-program kerja yang belum terealisasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: