Mengatasi Ambeien/Wasir

Ambeien atau wasir merupakan salah satu penyakit yang mengenai bibir anus. Bagian ini mengalami pembengkakan dalam bentuk benjolan kecil. Resikonya penderita tidak nyaman untuk duduk dan pada proses buang air besar menjadi sakit.

Beberapa sebab terjadinya ambeien adalah :

  1. Karena terlalu lama duduk atau berdiri
  2. Kurang makan berserat
  3. Proses buang air besar yang tidak lancar sehingga harus mengejan
  4. Mengejan waktu BAB
  5. Keturunan
  6. Diare dalam waktu yang lama
  7. Adanya sembelit atau kontipasi
  8. Stres
  9. Kurang olahraga

Ada beberapa tanaman yang bisa mengatasi ambeien/wasir seperti lidah buaya, bawang putih, daun sirsak, kulit manggis, akar jeruk nipis, daun jambu biji, tanaman pegagan/kaki kuda, daun komfrey, daun sosor bebek, tanaman adas, daun wungu/handeuleum, daun iler/jawer kotok/miana dan lempuyang wangi.

Sekarang ini tanaman yang lagi naik daun adalah tanaman wungu (ungu) memiliki nama lain seperti tulak, demung, kobi-kobi, dongora, dan lain sebagainya. Tanaman ini bisa tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi dan hidup liar. Biasanya orang menanam untuk tanaman hias dan pagar hidup. Sedangkan nama ilmiah daun wungu adalah Graptophyllum pictum. Salah satu merk obat terkenal menggunakan tanaman ini untuk mengatasi ambeien/wasir.

Salah satu penderita ambeien yang mengidap tahunan adalah Ary Amhir. Bapak satu ini telah membuktikan keampuhan tanaman wungu untuk mengatasi ambeien yang semakin parah. Tapi harus sabar untuk penyembuhannya karena membutuhkan proses agak lama, itupun tergantung berat dan ringannya ambeien.

Di blog Ary Amhir memberitahukan bahwa Dr. drg. Nur Permatasi MS, dr. Umi Kalsum MKes, dan dr. Nurdiana MKes dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang telah meneliti keampuhan daun wungu ini.

Senyawa penting yang terdapat di dalam daunnya seperti steroida, glikosida, tannin, saponin, lendir, klorofil, dan alkaloida non toksik. Batang tanaman mengandung lemak, asam formik dan kalsium oksalat. Zat kimiawi dalam daun ungu memiliki sifat diuretik, anti-inflamasi, laksatif, anti plak gigi, dan emoliens. Daun wungu juga bersifat analgesik, yang dapat meredakan nyeri dan menekan pembentukan prostaglandin. Senyawa kimia dalam daun ini mampu mencegah pertumbuhan bakteri mutan streptococcus. Bunga ungu efektif sebagai pelancar haid.

Berikut di bawah ini beberapa masalah yang bisa diatasi dengan daun wungu :

  1. Membantu meringankan gejala wasir
  2. Menyembuhkan wasir
  3. Mengurangi rasa sakit akibat nyeri
  4. Melancarkan buang air seni
  5. Melancarkan siklus menstruasi
  6. Meringankan reumatik, encok dan nyeri sendi
  7. Menyembuhkan luka borok (luka yang sudah lama)
  8. Mematangkan bisul
  9. Mengobati pembengkakan

Demikianlah sebagian kecil manfaat daun wungu/ungu bagi kesehatan spesialnya mengatasi ambeien/wasir.

Jagalah pola hidup sehat, banyak makan yang berserat, banyak makan buah-buahan seperti pepaya dan sirsak, banyaklah minum air putih.

Sebagai manusia kita harus berusaha, Allah yang menentukan. Tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya.

Semoga cepat sembuh …

Sumber : disini, disini, disini, disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: