Program Kerja PKS Jakarta Periode 2016 – 2019 Versus Realisasi

Pada hari Minggu, tanggal 25 Desember 2016, Pengurus Persatuan Keluarga Silungkang (PKS) Jakarta mengundang Panungkek Pangulu Andiko Nan 18 untuk suatu pertemuan dengan pengurus PKS Jakarta. Pertemuan tersebut bertujuan untuk mengkomunikasikan program-program kerja PKS dan realisasinya sejak bulan September 2016 atau 3.5 bulan sejak kepengurusan PKS Jakarta periode 2016 -2019.

Pertemuan diadakan di ruang Pendidikan PKS Jakarta di Jl. Gotong Royong, Larangan yang dimulai pada pukul 11.00 dan selesai  pada pukul 15.00. Dari pihak pengurus PKS Jakarta hadir Ketua Umum, Ketua-Ketua Bidang, Sekretaris, Dan Bendahara.  Dari 18 andiko, 3 andiko yang tidak terwakili yaitu Andiko Panai, Dalimo Tapanggang dan Sawahjuwai.

Selain program kerja, rapat mengusulkan agar di Gedung PKS Jakarta dimanfaatkan untuk  acara-acara batomu niniak mamak dan mancato ughang dengan pertimbangan lokasinya yang sudah dikenal oleh mayoritas orang Silungkang, dan konsumsinya dapat disediakan oleh orang Silungkang juga.

Untuk menjaga harmonisasi hubungan kampuang dan perantau, Panungkek Pangulu Andiko di rantau dan Pangulu Andiko di Silungkang akan saling meningkatkan komunikasi.

Berikut materi lengkap yang disampaikan pada pertemuan tersebut:

BIDANG DATA, TEKNOLOGI DAN INFORMASI (DTI)

PROGRAM KERJA REALISASI PENANGGUNG JAWAB
PENDATAAN WARGA DAN PEMBUATAN WEBSITE BIDANG DATA, TEKNOLOGI DAN INFORMASI (DTI)
1.    Membuat Website
2.    Pendataan Warga
a. Tahap awal dilaksanakan secara online yang dapat diakses langsung dengan menggunakan smartphone berbasis Android. a.  Website sudah dibuat dengan alamat: www.warga silungkang.or.id dan sudah dapat diakses.
b. Tahap kedua dilaksanakan secara offline. b.  Pendataan warga:
c. Tahap ketiga pendataan dilaksanakan secara manual dengan mengisi kertas formulir pendataan yang dibagikan kepada warga melalui Panungkek Andiko masing-masing a. Tahap awal sudah dimulai sejak awal Oktober 2016 yang dilaksanakan secara online. Sampai dengan tanggal 22 Desember 2016 terdata sebanyak 337 KK dengan jumlah jiwa sebanyak  1261 orang.
b. Tahap kedua dilaksanakan secara offline mulai tanggal 16 Desember 2016 dengan cara:
– Men-download (mengunggah)  blanko formulir dari: http://goo.gl/8NWn46 (google drive) atau http://goo.gl/VNFhxm (website:  wargasilungkang.or.id)
– Mengisi formulir dalam bentuk soft copy.
– Menyimpan (save) formulir dalam computer
–  Mengirim file formulir yang telah diisi melalui email ke: pendataan@wargasilungkang.or.id
c. Tahap ketiga pendataan akan dilaksanakan secara simultan dengan Tahap 1 dan Tahap 2.

BIDANG PENGEMBANGAN EKONOMI DAN HUMAS

PENDATAAN PEDAGANG SILUNGKANG REALISASI PENANGGUNG JAWAB
1.    Melakukan pendataan pedagang asal Silungkang  di Jakarta dan sekitarnya, baik yang di pasar-pasar atau yang diluar pasar. BIDANG PENGEMBANGAN EKOMONI (dibantu oleh Bidang Humas)
a.    Melakukan pendataan pedagang asal Silungkang  di Jakarta dan sekitarnya, baik yang di pasar-pasar atau yang diluar pasar. a.    Pendataan sudah dilaksanakan di pasar dan disekitar Depok, Tanah Abang, Kebayoran Lama, Pondok Labu, BSD, Pamulang, Ciputat, Bekasi, Petukangan, Pesanggrahan, Palmerah. Untuk sementara telah terdata sebanyak 325 pedagang.
b.    Mengelompokkan para pedagang tersebut sesuai dengan jenis dagangannya untuk melihat peluang yang ada,. b.    Selanjutnya data-data tersebut akan dipilah-pilah menurut jenis dagangannya dan daerahnya.
c.    Mengadakan diskusi-diskusi dengan pedagang yang bersangkutan untuk menyusun rencana pelaksanaan.
d.    Untuk permodalan, diusahakan dengan bekerjasama dengan KSP Kemauan Bersama
e. Mensosialisasi peraturan-peraturan  pemerintah yang berhubungan dengan bidang ekonomi agar para pengusaha dan pedagang asal Silungkang mendapatkan informasi terkini tentang peraturan yang akan diberlakukan sehingga dapat mengantisipasi dampaknya.
f. Mengadakan pelatihan pengisian SPT bagi warga Silungkang yang harus mengisi SPT. Diusahakan pembicaranya berasal dari KPP (Kantor Pajak Pratama?) atau konsultan pajak.
g. Mengadakan acara bimbingan teknis mengenai Tax Amnesty Periode ke 2 dengan tujuan untuk memudahkan  warga Silungkang yang ingin  memanfaatkan Tax Amnesty.
h.    Rencana pemasaran produk-produk  makanan kecil, songket dan lain-lain hasil kerajinan masyarakat Silungkang dan sekitarnya di Jakarta.  h. Sudah mengadakan pembicaraan dengan Kepala Desa Silungkang Tigo yang juga mewakili Kades Silungkang Oso dan Duo dalam rangka kerjasama BUMDes ketiga desa tersebut dengan PKS Jakarta.

BIDANG ADAT, AGAMA DAN BUDAYA

PENYELENGGARAAN SEMINAR ADAT REALISASI PENANGGUNG JAWAB
1.    Menyelenggarakan seminar-seminar adat bagi warga di Jabodetabek. 1.    Seminar adat akan diselenggarakan pada tanggal 12 Feb 2017 dengan peserta diharapkan 5 orang dari masing-masing andiko, pengurus PKS, dan warga yang berminat, maksimum seluruhnya 120 orang. BIDANG ADAT, AGAMA DAN BUDAYA
2.    Mengadakan platihan rabona, randai dan tari piring. 2.    Pelatihan rabona, randai dan tari piring belum terlaksana.
3.    Mengkoordinasikan agar terjalin hubungan yang harmonis antara masing-masing panungkek Pangulu Andiko di rantau dan masing-masing Pangulu Andiko di kampung halaman. 3.    Untuk menjalin hubungan harmonis antara Pangulu andiko dan Panungkek Pangulu Andiko telah mulai dirintis  dengan cara: 1). Pada tanggal 17 November 2016 mengundang Pengurus KAN Silungkang untuk mengadakan pertemuan di Jakarta. 2) Pada tanggal 30 November 2016 Pengurus PKS Jakarta pulang ke Silungkang dalam rangka pertemuan dengan Pengurus KAN dan seluruh Pangulu Andiko di Kampuang, Program di Bidang Agama masih dalam pembahasan.
4.    Pengajian yang akan difokuskan tentang tatacara pelaksanaan rukun islam,
5.    Mengadakan pelatihan untuk  menjadi imam sholat berjamaah.

SEKRETARIAT DAN BIDANG SOSIAL

PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN GEDUNG REALISASI PENANGGUNG JAWAB
1.    Mengecat ulang bagian luar dan dalam gedung utama. 1.    Sudah terlaksana, SEKRETARIAT DIBANTU OLEH BIDANG SOSIAL
2.    Melengkapi semua laki-laki dengan memasang urinoir porselein untuk mengurangi bau yang tidak sedap. 2.    Sudah terlaksana
3.    Memperindah  gedung utama dengan melengkapinya dengan lampu hias, mengganti gordyn, memasang ornamen-ornamen bernuansa songket Silungkang. 3.    Lampu hias, ornament songket sudah terpasang. Gordyn sudah diganti yang baru.
4.    Melengkapi gedung utama dengan meja bundar untuk menfasilitasi pemakaian gedung untuk acara-acara seminar, dll. 4.    Meja bundar sebanyak 10 unit sudah tersedia.
5.    Memperindah tampilan ruang tamu eks kantor PKS Jakarta terdahulu dengan mengecat ulang. Melengkapinya dengan gordyn, karpet, lampu Kristal gantung, jam dinding, serta sofa dengan tujuan agar dapat dijadikan ruangan tamu, termasuk tamu-tamu  VIP. 5.    Pengecatan ruang tamu sudah selesai, gordyn, karpet, lampu Kristal gantung, jam dinding  sudah terpasang. Satu set sofa sudah tersedia.
6.    Menambah kemampuan sound system agar suaranya lebih baik serta melengkapinya dengan orgen . 6.    Sound system yang baru sudah terpasang dan orgen sudah tersedia. Orgen ini adalah hasil sumbangan salah seorang pengurus.
Catatan: Pengadaan lampu-lampu Kristal, gordyn, orgen, ornamen-ornamen yang dipasang di dalam gedung dan ruang tamu semuanya didanai oleh beberapa orang pribadi pengurus.

BIDANG ORGANISASI

PULANG BASAMO REALISASI PENANGGUNG JAWAB
Acara Pulbas direncanakan pada lebaran kedua tahun 2017 yang akan dimeriahkan dengan acara “Jejak Kampung” dan “Lomba Foto” Penyusunan panitia dan kegiatan dalam perencanaan. BIDANG ORGANISASI

Makan Siang Bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: